Minggu, 25 November 2012

Teknik Pembuatan Kontrak ; Contoh Pembuatan Surat Kontrak

Teknik Pembuatan Kontrak
(Materi Semester V, Fakultas Hukum)
Universitas Muslim Indonesia
Makassar.-




CONTOH PEMBUATAN “SURAT KONTRAK”

Surat perjanjian Kontrak Kerja
Service dan Perawatan Komputer

Yang Bertanda tangan di bawah ini:
Nama              :           Huri R. Sanjaya
Jabatan            :           Kepala Manager
Perusahaan      :           PT. Angkasa Jaya Indah
Alamat             :           Jl. Batua Raya No.49, Kel. Batua, Kec. Panakukkang, Makassar.
Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama PT. Angkasa Raya Indah, selanjutnya disebut sebagai  PIHAK PERTAMA.

Nama              :           Hartono Budiman
Jabatan            :           Teknisi
Perusahaan      :           PT. Elektronik Sehati
Alamat             :           Jl. Urip Sumoharjo No. 52, Kel. Panaikang, Kec. Panakukkang, Makassar.
Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama PT. Elektronik Sehati, Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Menimbang :
a.)    bahwa PIHAK KEDUA adalah seorang Teknisi Freelance yang bergerak dalam bidang usaha jasa dan perdangan informasi teknologi. 
b.)    bahwa kedua belah pihak telah mufakat untuk mengadakan perjanjian kontrak servis pemeliharaan dan perbaikan komputer pada kantor PIHAK PERTAMA dengan biaya sebesar  Rp.15.000.000 (Lima Belas Juta Rupiah) / Bulan

Dengan Ketentuan sebagai berikut :

Pasal 1
BENTUK KONTRAK KERJA
1.      Bentuk kontrak kerja adalah pelaksanaan kegiatan Maintenance Support dan Services (Jasa Perbaikan Komputer seperti CPU, Monitor dan Printer), Networking Maintenance and Installation (Instalasi dan Perawatan Jaringan), Hardware and software Compute Procurement (Pengadaan Hardware dan Software Komputer).
2.      Daftar, jumlah dan klasifikasi komputer (CPU, Monitor, dan Printer) yang menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA sebagaimana terlampir.

Pasal 2
RUANG LINGKUP KERJA
Ruang lingkup kerja jasa perbaikan komputer adalah sebagai berikut :
1.      Seluruh CPU (Central Processing Unit), daftar dan spesifikasinya sesuai dengan pasal 1 ayat (2) sebagaimana terlampir. Khusus untuk pelaksanaan service printer dan monitor dilakukan dengan kesepakatan baru diluar perjanjian yang telah disepakati ini.
2.      Install software dan perbaikan Installasi jaringan (LAN), tidak termasuk konfigurasi ulang kabel dan instalasi kabel jaringan baru.

Pasal 3
JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
Jangka waktu pelaksanaan kontrak kerja jasa service komputer ini berlangsung selama 2 Bulan, dan kontrak kerja ini dapat diperpanjang untuk masa kerja Bulan berikutnya dengan ketentuan yang sama dan atau ada beberapa perubahan yang disepakati bersama.

Pasal 4
SISTEM KERJA
1.      PIHAK KEDUA akan melakukan kunjungan service wajib sebanyak dua kali dalam sebulan.
2.      PIHAK KEDUA akan melakukan kunjungan service wajib ketempat PIHAK PERTAMA minggu pertama dan minggu ketiga tiap bulannya.
3.      Diluar kunjungan service PIHAK KEDUA wajib memenuhi panggilan PIHAK PERTAMA apabila ada perangkat komputer / jaringan yang rusak dan selambat-lambatnya 2 x 24 jam PIHAK KEDUA sudah harus memperbaiki perangkat komputer tersebut.

Pasal 5
ANGGARAN BIAYA
1.      PIHAK PERTAMA setuju untuk membayar jasa perbaikan bulanan komputer kepada PIHAK KEDUA sesuai dengan kontrak yang telah disepakati.
2.      Khususnya untuk Monitor dan Printer pembayaran dilakukan diluar kontrak service dengan kesepakatan baru sesuai perjanjian kedua belah pihak.
3.      Jasa perbaikan service komputer dan jaringan sebagaimana dimaksud pada pasal 5 ayat (1) belum termasuk biaya untuk perbaikan spare part.
4.      Penyesuaian biaya jasa perbaikan komputer akan dilakukan setiap 3 bulan sekali atau dengan kesepakatan bersama.

Pasal 6
PEMBAYARAN JASA SERVICE
Pembayaran jasa service komputer dilakukan oleh Pejabat Bagian Keuangan yang ditunjuk oleh PIHAK PERTAMA setelah mendapatkan surat tagihan yang disampaikan oleh PIHAK KEDUA paling lambat tanggal 20 (dua puluh) setiap bulannya.

Pasal 7
HAK DAN KEWAJIBAN
·         Kewajiban PIHAK PERTAMA :
1.      Menyediakan  ruangan dan fasilitas kerja bagi PIHAK KEDUA untuk melakukan kegiatan, terutama untuk kegiatan – kegiatan service besar.
2.      Membayarkan jasa service kepada PIHAK KEDUA paling lambat tanggal 20 (dua puluh) setiap bulannya.
3.      Membayar penggantian pembelian komponen (Spare Part) yang dilakukan oleh PIHAK KEDUA atas persetujuan PIHAK PERTAMA
4.      Semua Spare Part yang dibeli mendapatkan garansi dari PIHAK KEDUA disesuaikan dengan jenis barang yang dibeli.

·         Hak PIHAK PERTAMA :
1.    Memberikan peringatan (teguran) baik secara lisan atau tertulis jika PIHAK KEDUA tidak menjalankan tugas dan kewajibannya.
2.    Memotong biaya jasa service dan atau menunda pembayaran dalam jangka waktu tertentu jika PIHAK KEDUA tidak menjalankan tugas dan kewajibannya sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.
3.    PIHAK PERTAMA berhak mendapatkan jaminan dari PIHAK KEDUA bahwa semua perlengkapan (komputer) yang ada di Lab / Kantor dalam keadaan baik (dapat beroperasi dengan baik), dan semua komponen (spare part) yang diganti mendapatkan garansi (garansi spare part tidak termasuk jika terbakar atas kesalahan petugas (user) di kantor dan atau atas bencana alam).
4.    PIHAK PERTAMA berhak mendapatkan perlindungan data dan jaminan kerahasiaan data dari PIHAK KEDUA.

·         Kewajiban PIHAK KEDUA :
1.    Melakukan kegiatan service dan memperbaiki semua perlengkapan komputer yang ada di tempat PIHAK PERTAMA dari kerusakan dan keausan.
2.    Membuat rencana kerja / service bulanan.
3.    Memberikan ide-ide dan saran yang dikira perlu kepada PIHAK PERTAMA demi keamanan penggunaan komputer.
4.    Memberikan jaminan atas kerahasiaan data PIHAK PERTAMA tanpa terkecuali.

·         Hak PIHAK KEDUA :
1.    Mendapatkan pembayaran jasa service komputer setiap bulan.
2.    Meminta penggantian uang atas pembelian spare part yang diganti sesuai dengan bukti pembelian spare part.
3.    Memberikan masukan dan pertimbangan khusus kepada PIHAK PERTAMA atas kegiatan yang dilakukan oleh pegawai dan petugas kantor (perangkat komputer rusak akibat kelalaian user / pengguna).

Pasal 8
SILANG SENGKETA
1.      Jika kemudian hari terjadi silang sengketa antara kedua belah pihak dalam suatu hal maka akan diselesaikan melalui jalan musyawarah, dan jika tidak tercapai kesepakatan maka perjanjian ini dapat dibatalkan oleh kedua belah pihak.
2.      Sebelum perjanjian kontrak kerja ini dibatalkan, seluruh pihak yang terikat dalam perjanjian kerjasama ini harus terlebih dahulu melaksanakan dan mematuhi semua akad – akad perjanjian sesuai hak dan kewajibannya pada saat kontrak ini dibatalkan.
3.      Dan atau pada saat pembatalan kontrak kerja ini, PIHAK PERTAMA harus melunasi semua pembayaran yang tertunda, dan PIHAK KEDUA harus memperbaiki dan melengkapi semua perangkat Lab/Kantor (komputer) dan melaporkannya kepada PIHAK PERTAMA.


Pasal 9
LAIN-LAIN
Hal – hal yang belum diatur dalam surat perjanjian kerjasama ini akan dibicarakan kemudian hari dan akan dicatatkan pada lampiran tambahan surat kesepakatan kontrak kerja service komputer ini.

Pasal 10
PENUTUP
1.      Surat perjanjian kerjasama ini dibuat tanpa ada tekanan dan paksaan sedikitpun.
2.      Surat perjanjian kontrak kerja service komputer ini dibuat rangkap 2 (dua) diatas kertas bermaterai cukup dengan mempunyai kekuatan hukum yang sama.



Makassar, 15 November 2012

 PIHAK PERTAMA                                                                    PIHAK KEDUA
KEPALA MANAGER                                                                     TEKNISI

  HURI. R. SANJAYA                                                            HARTONO BUDIMAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar